Anda sedang berada di: Beranda » Materi Manasik » Wukuf Di Padang Arofah
Minggu, 07 Maret 2010 - 09:42:23 WIB
Wukuf Di Padang Arofah
Diposting oleh : Pembimbing
Kategori: Materi Manasik - Dibaca: 5709 kali

Wukuf artinya berhenti yaitu menghadirkan diri di Padang Arofah. Wukuf di Padang Arofah merupakan salah satu rukun ibadah haji, tidah ada haji jika tidak melaksanakan wukuf seperti hadits Nabi SAW "Al hajju arofah" yang artinya haji adalah wukuf di Arofah. Ketika sedang wukuf jamaah haji tidak boleh keluar dari batas-batas wilayah arofah karena menyebabkan batal wukufnya dan berarti juga tidak sah hajinya. Sebaiknya ketika wukuf jamaah haji tidak perlu berjalan-jalan yang bisa menyebabkan tersesat karena jalan-jalannya sangat rumit sehingga rawan tersesat. Wukuf tidak mensyaratkan suci dari hadats, namun sebaiknya kita dalam keadaan suci saat wukuf dimulai.

Amalan-amalan saat wukuf:

  • Mendengarkan Khutbah Wukuf.
  • Sholat Jama' Taqdim dan Qashar untuk Shalat Dhuhur dan Ashar.
  • Memperbanyak dzikir, berdo'a atau membaca Al Qur'an.
  • Taqarrub atau mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.



"Sampaikanlah (bagikan) ilmu itu walau satu ayat". Semoga menjadi amal jariyah dan bisa mengantarkan Anda ke Tanah Suci. Rasulullah SAW Bersabda "Man dalla 'ala khairin falahu mitslu ajri fa'alaihi" Artinya: "Barang siapa menunjukkan jalan kebaikan kepada seseorang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang ditunjukkan itu" (HR. Muslim)

Jika Anda merasa bahwa informasi di atas bermanfaat buat Anda, ada baiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memberikan saran, kritik, usulan, komentar atau Anda ingin tanya jawab pada tulisan tersebut, kami persilahkan, guna perbaikan website ini. Terima kasih..

Komentar via akun Facebook :

1 Komentar via Website :

sabirin
21 Mei 2010 - 14:42:42 WIB

tolong kirim materi pelaksanaan haji 2010