Anda sedang berada di: Beranda » Serba Serbi » Perkiraan Penggunaan Uang Living Cost
Minggu, 11 April 2010 - 14:35:21 WIB
Perkiraan Penggunaan Uang Living Cost
Diposting oleh : Pembimbing
Kategori: Serba Serbi - Dibaca: 9249 kali

Kami sering mendapat pertanyaan tentang berapa sangu yang perlu dibawa selama menunaikan ibadah haji? Sebenarnya hal ini tergantung oleh jamaah haji sendiri, mau membawa uang Rp. 1 juta, 2 juta, 3 juta atau bahkan lebih dari itu, boleh-boleh saja, yang penting sesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Tetapi yang pasti setiap jamaah haji reguler akan mendapatkan uang Living Cost sebesar Rp. 1500 real sebagai bekal hidup selama menjalankan ibadah haji (lumayaan..?).

Menurut kami uang Living Cost tersebut cukup untuk biaya hidup selama di Tanah Suci. Namun Demikian sudah barang tentu uang Living Cost tersebut hanya cukup untuk biaya hidup selama 40 hari di Tanah Suci saja. Jadi jika uang tersebut dipakai untuk membeli oleh-oleh ya.., jelas tidak cukup dong?? Namanya saja Living Cost, ya jelas hanya cukup untuk biaya hidup saja iya, kan?

Nah.., untuk mengetahui pengeluaran-pengeluaran apa saja yang akan dikeluarkan selama di tanah Suci kaitannya dengan uang living cost ini, kami buatkan perkiraan penggunaan uang living cost tersebut:

PERKIRAAN PENGUNAAN UANG LIVING COST Rp. 1500 Real 


   Real  Real
 No.  Uraian Penggunaan  Minimal Maximal
 1.  * Biaya Makan selama 3 X sehari selama 30 hari (± 6-8 real)   540  720
 2.  Dam Haji Tamattu'  300  350
 3.  Ziarah di Sekitar Makkah  30  35
 4.  Ziarah di Madinah  20  25
 5.  Ziarah/ Tour ke Jeddah  50  60
 6.  Bahsis Sopir/ Kuli  25  30
 7.  Lain-lain  50  50
       
       
   JUMLAH  115 real  1270 real

 *Catatan

  1. Selama di Madinah jamaah haji akan mendapatkan jatah makan 2 kali sehari selama 8 hari
  2. Selama di Arofah dan Mina akan mendapatkan jatah makan 3 kali sehari (4 hari)
  3. Biaya makan tersebut dihitung jika makan di restoran, jika masak sendiri tentunya akan lebih ngirit 



"Sampaikanlah (bagikan) ilmu itu walau satu ayat". Semoga menjadi amal jariyah dan bisa mengantarkan Anda ke Tanah Suci. Rasulullah SAW Bersabda "Man dalla 'ala khairin falahu mitslu ajri fa'alaihi" Artinya: "Barang siapa menunjukkan jalan kebaikan kepada seseorang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang ditunjukkan itu" (HR. Muslim)

Jika Anda merasa bahwa informasi di atas bermanfaat buat Anda, ada baiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memberikan saran, kritik, usulan, komentar atau Anda ingin tanya jawab pada tulisan tersebut, kami persilahkan, guna perbaikan website ini. Terima kasih..

Komentar via akun Facebook :

8 Komentar via Website :

Husada
08 April 2011 - 19:28:22 WIB

@Wilis Wulan: LivingCost hanya diberikan untuk jamaah Haji Regular saja. Untuk Haji Plus, kan biaya hidup (akomodasi dan makan) sudah ditanggung penyelenggara Haji Plus, jadi ndak dapat livingcost. soalnya jamaah haji yang ikut Plus, banyak duitnya sih.. jadi ndak dikasih hehehe...., Sementara ini kami tidak memiliki Cabang dimanapun, maaf...

Wilis wulan
08 April 2011 - 18:46:17 WIB

Ass... Saya ingin menanyakan apakah haji plus juga mendapatkan biaya livingcost juga..? Kalo iya bagaimana caranya..? Salut untuk BPIH Arafah Malang..., di surabaya ada cabang..?


Isi Komentar :
Nama :
Email :
Komentar
 1000 Karakter Tersisa.
 
 refresh kode
  (Masukkan 6 kode diatas)