Anda sedang berada di: Beranda » Materi Manasik » Mabit atau Bermalam di Muzdalifah dan Mina
Minggu, 07 Maret 2010 - 09:53:29 WIB
Mabit atau Bermalam di Muzdalifah dan Mina
Diposting oleh : Pembimbing
Kategori: Materi Manasik - Dibaca: 6279 kali

Mabit artinya bermalam, beristirahat untuk melepaskan lelah setelah melaksanakan wukuf di Padang Arofah. Kegiatan mabit ini dilakukan sambil berdzikir walaupun tidak tidur sudah tergolong mabit. Mabit terdiri dari dua yaitu:

 

  1. Mabit di Muzdalifah, waktunya setelah selesai wukuf yaitu setelah Maghrib sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah. Caranya dilakukan walaupun sesaat setelah lewat tengah malam.
  2. Mabit di Mina, yaitu bermalam di Mina pada Hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah). Waktunya malam hari dimulai waktu Maghrib sampai dengan terbit fajar. Caranya bermalam di Mina sampai lebih dari separo malam (Mu'dzamullail) atau telah mencapai sebagian besar dari waktu malam tersebut.

 




"Sampaikanlah (bagikan) ilmu itu walau satu ayat". Semoga menjadi amal jariyah dan bisa mengantarkan Anda ke Tanah Suci. Rasulullah SAW Bersabda "Man dalla 'ala khairin falahu mitslu ajri fa'alaihi" Artinya: "Barang siapa menunjukkan jalan kebaikan kepada seseorang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang ditunjukkan itu" (HR. Muslim)

Jika Anda merasa bahwa informasi di atas bermanfaat buat Anda, ada baiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memberikan saran, kritik, usulan, komentar atau Anda ingin tanya jawab pada tulisan tersebut, kami persilahkan, guna perbaikan website ini. Terima kasih..

Komentar via akun Facebook :

1 Komentar via Website :

MOHAMAD AHSAN
19 Oktober 2011 - 08:36:48 WIB

Salam ta'aruf! Alhamdulillah kehadiran website ini sangat membantu dan bermaaf pada saudara saudara kita. termasuk kami sekeluarga, namun untuk lebih memantapkan himmah , gairoh dan kemantapan dalam meafalkan do'a do'a. ada harapan dari kami untuh di lengkapi dengan terjemah/artinya. sehingga kami dan saudara saudara lebih mantap dan paham terhadap apa yang mereka baca (do'a)
sukron Katsir. semoga terus bisa lebih memberikan mamfaat kepada kita semua! amin