Anda sedang berada di: Beranda » Materi Manasik » Ihram Haji atau Umrah
Minggu, 07 Maret 2010 - 09:15:40 WIB
Ihram Haji atau Umrah
Diposting oleh : Pembimbing
Kategori: Materi Manasik - Dibaca: 5309 kali

Ihram haji adalah kondisi dimana seseorang yang berihram dilarang melanggar larangan yang telah ditetapkan Allah SWT. Ihram artinya niat mulai mengerjakan ibadah haji atau umrah dan mengharamkan diri dari hal-hal yang tidak terkait dengan upaya mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Niat dilakukan dalam hati akan tetapi niat ihram haji atau umrah diikrarkan dengan talbiyah sepertiyang telah dituntunkan Rasulullah SAW.
Amalan-amalan yang disunahkan sebelum berihram :
  1. Memotong kuku, mencukur kumis, bulu ketiak dan bulu pubis (bulu kemaluan)
  2. Mandi keramas
  3. Memakai wangi-wangian pada badan (disunahkan sebelum berihram)
  4. Berpakaian ihram
  5. Shalat Sunah Ihram 2 rakaat
Jika amalan-amalan tersebut telah dilaksanakan maka baru kita niatkan untuk haji atau umrah. Jika sudah diniatkan maka semua laramng-larangan ihram berlaku.


"Sampaikanlah (bagikan) ilmu itu walau satu ayat". Semoga menjadi amal jariyah dan bisa mengantarkan Anda ke Tanah Suci. Rasulullah SAW Bersabda "Man dalla 'ala khairin falahu mitslu ajri fa'alaihi" Artinya: "Barang siapa menunjukkan jalan kebaikan kepada seseorang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang ditunjukkan itu" (HR. Muslim)

Jika Anda merasa bahwa informasi di atas bermanfaat buat Anda, ada baiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memberikan saran, kritik, usulan, komentar atau Anda ingin tanya jawab pada tulisan tersebut, kami persilahkan, guna perbaikan website ini. Terima kasih..

Komentar via akun Facebook :

1 Komentar via Website :

H. Musa Narwawan
10 Januari 2013 - 21:43:26 WIB

Alhamdulillah materi sangat bagus, namun ingin saya sarankan agar Materi dengan judul Ihram Haji tersebut ditambah lagi untuk referensi saya, terimakash Wassalam.