Anda sedang berada di: Beranda » Serba Serbi » Cara Tayamum Di Pesawat
Sabtu, 17 April 2010 - 10:51:04 WIB
Cara Tayamum Di Pesawat
Diposting oleh : Pembimbing
Kategori: Serba Serbi - Dibaca: 29198 kali

Pada materi kali ini kami ingin menyampaikan tentang cara bertayamum di pesawat. Kami yakin banyak diantara umat muslim/ calon jamaah haji yang sudah bisa bertayamum jadi  kami tidak bermaksud menggurui tetapi barangkali kita lupa bagaimana cara tayamum itu maka ada baiknya kita mengingat kembali cara tayamum itu. 

Islam memberikan solusi terbaik, tidak pernah meyulitkan umatnya.  Allah SWT berfirman: "yuriidullahu bikumul yusra wala yuriidu bikumul 'usra", Allah menghendaki kemudahan kepada kita dan tidak menghendaki kesulitan. Islam membolehkan kita bertayamum jika ketersediaan air tidak mencukupi untuk berwudlu. Ketersediaan air di pesawat sangatlah terbatas. Bisa dibayangkan jika dalam pesawat (450 orang) ingin berwudlu semua, airnya tidak mencukupi dong! disamping itu bisa membahayakan keselamatan penumpang pesawat jika air tersebut sampai menggenang di pesawat. Maka dari itu tayamamum dipesawat sangatlah dianjurkan ketika kita mau menjalankan sholat lima waktu.

Perjalanan dari Tanah Air menuju Makkah atau Madinah membutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 9 sampai 11 jam perjalanan. Sudah barang tentu kita akan melewati dua waktu sholat lima waktu. Penulis telah menunaikan ibadah haji 8 kali diantaranya pernah menjalankan sholat di pesawat untuk sholat dhuhur dengan sholat ashar, pernah juga sholat magrib dengan sholat isyak. ( yang tidak pernah adalah tidak sholat??! hehehe...) Karena kita dalam safar (perjalanan) maka kita diperbolehkan menjamak dan mengqoshar sholat. Lain waktu kita bahas tersendiri sholat dalam pesawat ini. kali ini kita bahas tayamum dahulu. OK? 

Berikut ini cara tayamum dalam pesawat: 

1. Tepukkan kedua telapak tangan ke kursi pesawat atau dinding pesawat

 

 

 

 

 

2. Usapakan dua telapak tangan ke muka dengan sempurna mulai dari ujung rambut (jidat) sampai ke dagu dari daun telinga sebelah kanan hingga daun telingga sebelah kiri secara merata.

 

 

 

 

3. Tepukkan kembali kedua telapak tangan ke kursi pesawat atau dinding pesawat, usahakan ditempat lain yang belum tertepuk.

 

 

 

 

 

4.  Telapak tangan kiri mengusap tangan kanan dari ujung jari sampai dengan siku secara merata.

 

 

 

 

 

 

5. Telapak tangan kanan mengusap tangan kiri mulai dari ujung jari sampai dengan siku secara merata.

 

 

 

 

 

 Selesailah tayamum kita... maka kita boleh melaksanakan sholat... Mudahkan??




"Sampaikanlah (bagikan) ilmu itu walau satu ayat". Semoga menjadi amal jariyah dan bisa mengantarkan Anda ke Tanah Suci. Rasulullah SAW Bersabda "Man dalla 'ala khairin falahu mitslu ajri fa'alaihi" Artinya: "Barang siapa menunjukkan jalan kebaikan kepada seseorang, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang ditunjukkan itu" (HR. Muslim)

Jika Anda merasa bahwa informasi di atas bermanfaat buat Anda, ada baiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memberikan saran, kritik, usulan, komentar atau Anda ingin tanya jawab pada tulisan tersebut, kami persilahkan, guna perbaikan website ini. Terima kasih..

Komentar via akun Facebook :

6 Komentar via Website :

armi
23 Juni 2011 - 15:36:37 WIB

afwan akhi, bukannya unutk tangan pada tayammum cukup mengusap kedua tangan sampai pergelangan tangan saja, jadi bukan seperti berwudhu', coba rujuk kembali buku-buku fiikihnya, syukran

Husada
12 Februari 2011 - 16:37:47 WIB

@Djuwadik: Masalah niat adalah urusan hati dan masih masalah khilafiah, kami belum berani menampilkan hal-hal yang masih sifatnya khilafiah kami serahkan kepada masing-masing pribadi aja. maaf . Allahu a'lam..


Isi Komentar :
Nama :
Email :
Komentar
 1000 Karakter Tersisa.
 
 refresh kode
  (Masukkan 6 kode diatas)